Artikel

BAKTI SOSIAL RUMAH SAKIT TERAPUNG KOLABORASI PHC -

  • 12 March 2018 09:33
  • Kategori Event
  • Visits: 811
Share
  • Twitter
  • Facebook

Sejak kemarin (10/11) hingga hari ini berlangsung kegiatan Bakti Ksatria Airlangga oleh Ikatan Alumni Universitas Airlangga dan Yayasan Kstaria Medika dengan Pelindo III melalui PT Pelindo Husada Citra. Acara ini merupakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat Pelabuhan Tanjung Perak, terutama warga yang berdomisili di sekitar Terminal Kalimas.

Tercatat sekitar 250 warga telah berpartisipasi dalam acara yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.00 sore kemarin. Total 400 warga rencananya telah ikut mendaftar untuk mengikuti acara pemeriksaan dan pengobatan gratis selama 2 hari ini.

Ketua penyelenggar acara, dokter Pudjo Hartono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga sekitar Kalimas yang telah memanfaatkan bakti sosial. "Saya mewakili Yayasan Ksatria yang membawahi Rumah Sakit terapung juga mengucapkan terima kasih kepada Pelindo III dan PT PHC yang telah ikut membantu hingga bakti sosial ini bisa terwujud.”

Rumah Sakit terapung sendiri adalah sebuah kapal yang memiliki fasilitas layaknya rumah sakit. Kapal Phinisi yang dibuat oleh pengrajin asli Makassar ini berlayar menuju pulau-pulau terpencil untuk menjangkau masyarakat yang lemah dari sisi fasilitas kesehatan maupun ekonomi. "Kapal ini memiliki panjang 24m, lebar 7,2m dan bobot 117 GT. RS Terapung diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan kesehatan anak bangsa di daerah tertinggal dalam mencapai Health For All.

Ditemui di acara yang sama, Direktur Operasional PT Pelindo Husada Citra menyampaikan apresiasi positifnya terhadap kegiatan Rumah Sakit Terapung. "PT PHC melalui unit usahanya RS PHC Surabaya, memberikan support dan dukungan dalam acara ini. ini merupakan salah satu bakti kami terhadap masyarakat sekitar bahwa PT PHC adalah perusahaan yang memiliki kepedulian kepada kesehatan masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu”, jelas perempuan yang bernama lengkap Ikawati ini.

Dokter Ika, begitu panggilannya, menyatakan bahwa PT PHC memberikan bantuan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat bedah dan perawat anestesi serta tenaga apoteker. Di samping itu pihaknya juga sudah menyediakan obat-obatan untuk masyarakat yang telah melakukan pemeriksaan. RS PHC Surabaya juga menjadi Rumah Sakit rujukan pasca penanganan operasi yang dibutuhkan oleh pasien.

Di hari pertama kegiatan, telah dilaksanakan 17 operasi kepada pasien yang sebelumnya telah dilakukan penanganan pra operasi. "2 pasien dengan operasi besar dan 15 pasien operasi kecil telah berlangsung kemarin. Hari ini rencananya akan berlangsung khusus operasi mata”, jelasnya lengkap.

Rumah Sakit Terapung ini sendiri sebelumnya telah melangsungkan kegiatan bakti sosialnya di Pulau Bawean Kabupaten Gresik dan Pulan Kangean Kabupaten Sumenep pada tahun lalu. Kapal ini memiliki fasilitas seperti 2 kamar operasi, ruang pulih sadar, ruang sterilisasi, ruang administrasi, ruang ganti baju kamar operasi, gudang obat, dapur, kamar tim medis dan ruang pengemudi. (ghs)

 

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118