Artikel

Cegah Kanker Serviks Demi Keluarga Anda

  • 17 July 2017 16:57
  • Kategori Event
  • Visits: 372
Share
  • Twitter
  • Facebook

Kanker Serviks Bisa di Cegah



Serviks adalah bagian yang ada pada bawah rahim dan terbuka ke dalam vagina. Sedangkan kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan tidak terkontrol pada serviks atau leher rahim yang berubah menjadi kanker. 

Penyebab tersering kanker serviks adalah HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini dapat menyebabkan kanker serviks beberapa tahun setelah anda terinfeksi, sehingga pemeriksaan awal sangat penting untuk mengetahui gejala awal sehingga dapat mencegah sel serviks sebelum berubah menjadi sel kanker.

Menurut data dari WHO (World Health Organization), kematian karena kanker mencapai 4,7 juta/ tahun di 50% negara berkembang. Di Indonesia sendiri terdapat 170.000 kasus baru/tahun, namun hanya 10% yang datang berobat dan 80-90% sudah stadium lanjut. Perubahan sel serviks jarang menimbulkan gejala, namun gejala akan timbul ketika sel tersebut tumbuh menjadi kanker serviks. Karena kanker serviks bukan penyakit eksplosif, tetapi berkembang secara bertahap. 


Gejala kanker serviks dapat berupa:

  1. Pendarahan dari vagina yang tidak normal, atau perubahan siklus menstruasi.
  2. Pendarahan ketika ada sesuatu yang menyentuh leher rahim, seperti nyeri saat berhubungan intim.
  3. Keputihan yang tidak sembuh ketika pengobatan, bahkan sampat berbau dan bercampur darah.

Mencegah Kanker Serviks


Kanker serviks dapat dicegah sejak dini, bahkan Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan vaksinasi HPV sejak usia 10 tahun. Untuk dosis pada anak usia 10 - 16 tahun cukup diberikan 2 kali, berbeda bagi remaja dan dewasa yang membutuhkan 3 kali suntik.

Vaksin HPV yang beredar di Indonesia ada 2 jenis, yaitu bivalent dan quadrivalent. Bivalen mengandung 2 tipe virus HPV (16 dan 18) yang dapat mencegah kanker leher rahim, sedangkan quadrivalent mengandung 4 tipe virus HPV (6,11,16,dan 18) yang dapat mencegah sekaligus kanker leher rahim dan juga kutil kelamin atau genital ward.

Bagi para wanita yang sudah melakukan hubungan intim sebaiknya rutin melakukan papsmear, supaya jika ada perubahan jaringan leher rahim, bisa terdeteksi sejak awal. 
Kombinasi antara pemberian vaksin HPV dengan pemeriksaan skrining rutin (pap test) adalah perlindungan terbaik untuk mencegah kanker serviks.

 


Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118