Artikel

Diabetic Retinopathy

Share
  • Twitter
  • Facebook

Apa Sih Diabetic Retinopathy Itu?

Sebelumnya kita kenali Diabetes mellitus yang merupakan masalah kesehatan yang perlu diwaspadai di Indonesia. Angka prevalensi diabetes selalu meningkat dari waktu ke waktu. Untuk penderita diabetes wajib melakukan upaya preventif untuk mencegah terjadinya komplikasi. Khususnya komplikasi mikrovaskular seperti retinopati dan glaukoma serta katarak. Diabetic Retinopathy adalah gangguan pembuluh darah pada retina pada pasien yang mengidap diabetes melitus. Diabetic Retinopathy merupakan komplikasi umum, sekitar 40% penderita DM beresiko mengalami Diabetic Retinopathy, bahkan 8% beresiko mengalami kebutaan.


Apa Penyebab Diabetic Retinopathy ?

Gejala Diabetic Retinopathy diantaranya seperti pandangan kabur, sulit melihat saat malam, munculnya benang tipis atau titik dalam penglihatan (biasa disebut floaters), ketidakmampuan untuk melihat warna dengan benar, titik gelap atau lubang dalam pandangan bahkan kehilangan kemampuan penglihatan / kebutaan (dalam tahap lanjut) jika tidak segera diobati.

Bagaimana Penyembuhan pada penderita Diabetic Retinopathy?

Tindakan untuk mengobati Diabetic Retinopathy antara lain memperbaiki kondisi sitemik tubuh dengan cara mengontrol gula darah (diet, olahraga, rutin minum obat-obatan diabetes). Untuk terapi pada mata dapat dilakukan laser fotokoagulasi, pembedahan dan terapi farmakologis. Laser, pembedahan, dan terapi farmakologis seperti terapi anti VEGF adalah terapi standard yang sudah dibuktikan sesuai berat penyakit dan kelainan yang ada.

Dengan perawatan diabetes yang tepat dan pemeriksaan mata berkala setiap 6 bulan sekali penting untuk deteksi dini adanya Diabetic Retinopathy atau komplikasi yang lain sehingga penanganan dapat segera dilakukan dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Selanjutnya, penting bagi Anda untuk segera konsultasi ke pada dokter spesialis mata ketika Anda merasakan adanya perbedaan kemampuan penglihatan dari sebelumnya.

Konsultasi dan informasi

Customer Service Rumah Sakit PHC Surabaya
Jalan Prapat Kurung Selatan 1, Tanjung Perak Surabaya
Telepon 031-3294801 dan UGD 24 Jam telepon 031-3294118
Gratis penjemputan ambulan untuk pasien rawat inap di RS PHC Surabaya wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Bangkalan.

Info Facebook: Rumah Sakit PHC Surabaya, instagram: rsphc_sby  atau follow Twitter : @rsphc_sby

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118