Artikel

Stroke, Gejala dan Pencegahannya

Share
  • Twitter
  • Facebook



Apa Stroke dan Penyebabnya?                                                                                                

Anda sering mendengar stroke, bukan? Bahkan mungkin orang terdekat anda mengalaminya. Meski cukup familiar, ternyata masih banyak orang keliru memahami gangguan ini. Stroke sering diidentikkan dengan lumpuh, pelo, mati rasa separuh tubuh, nyeri kepala atau malah kondisi tidak sadar. Apakah itu saja? Tidak. Ternyata stroke tak hanya sebatas itu saja. Berikut penjelasan seputar Stroke oleh dr Eny Setyarini, Sp. S, Dokter Spesialis Syaraf di RS PHC Surabaya.



Gangguan Fungsi Otak

Stroke sebenarnya merupakan gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak. Penyebabnya adalah kurangnya suplai darah ke area tertentu di otak. Kondisi itu bisa diakibatkan penyumbatan atau perdarahan pembuluh darah. Gangguan fungsi otak akibat penyumbatan pembuluh darah itu disebut "Stroke Infark", sedang stroke yang disebabkan perdarahan pembuluh darah dinamakan Stroke Perdarahan atau "Stroke Bleeding".

Faktor Resiko

Terjadinya stroke bisa dipicu beberapa faktor resiko, seperti genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Faktor itu tidak bisa dihambat, dicegah, atau diminimalkan. Sedang faktor resiko yang masih dihambat, dicegah, atau diminimalkan adalah Hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus, hiperkolesterol (kolesterol tinggi), dan hipenurisemia (asam urat tinggi).

Gejala yang Muncul

Stroke memang seringnya baru diketahui setelah terjadi. Padahal sebelum itu bisa muncul beberapa gejala. Seperti berikut ini:
  1. Lumpuh atau kekuatan tubuh berkurang pada separuh badan.
  2. Mendadak kesemutan atau tebal separuh badan. Biasanya juga disertai bicara pelo, kesulitan menelan, tersedak terutama bila minum air atau cairan, atau tidak bisa menelan ludah sendiri.
  3. Fungsi kognitif atau memori terganggu. Seperti mendadak lupa sesuatu yang biasa dilakukan, atau tiba-tiba lupa dengan lingkungan sekelilingnya.
  4. Sakit kepala hebat yang tidak berkurang dengan terapi awal.
  5. Vertigo (pusing berputar) secara terus menerus selama berhari-hari tanpa ada riwayat vertigo sebelumnya. Gejala ini sering disertai mual–muntah, atau mendadak sulit tidur .
  6. Mendadak kehilangan kesadaran disertai kejang sebagian (parsial) atau seluruh tubuh (general). Ini terjadi pada stroke yang berat.


Segera Periksakan Bila....

Kalau mengalami satu atau beberapa gejala stroke, sangat disarankan segera memeriksakan diri ke dokter . Ini sangat penting karena stroke termasuk gawat darurat. Kalau tidak segera ditangani, bisa muncul gejala yang lebih berat, menyebabkan kecacatan, bahkan kematian. Ingat, stroke sudah menjadi penyebab kematian terbesar setelah penyakit jantung, dan penyebab kecacatan tertinggi di dunia! Karena itu terapkan istilah time is brain. Maksudnya jangan tunda penanganan stroke setelah timbul gejala. Semakin cepat menangani stroke berarti meminimalkan risiko kecacatan dan kematian.



Cegah Selagi Bisa!

Stroke memang bisa ditangani. Tapi lebih baik lagi bila Anda mencegahnya. Lakukan pencegahan primer dan sekunder . Pencegahan primer bertujuan agar tidak terserang stroke. Yang dilakukan adalah mengendalian tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, berusaha untuk selalu untuk hidup sehat,dan menghindari hal yang membebani pikiran (stresor psikis). Sedang pencegahan sekunder bertujuan mencegah berulangnya stroke yang sebelumnya pernah terjadi. Caranya, turunkan hipertensi, kendalikan gula darah pada pasien diabetes mellitus, turunkan kadar kolesterol yang tinggi, kurangi obesitas, hindari alkohol dan rokok, cek secara berkala penyakit jantung, serta berolahragalah secara teratur.

RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan 1 Tanjung Perak, Surabaya, Indonesia

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118