Artikel

Penanganan Telapak Tangan Anak Berkeringat

Share
  • Twitter
  • Facebook
Penanganan Telapak Tangan Anak Berkeringat Berlebihan atau Banyak di Rumah Sakit Surabaya

Penyembuhan Bagi Penderita Buerger Disease Hingga Telapak Tangan Berkeringat

Perkembangan masyarakat yang semakin modern menyebabkan berkembangnya pula gaya hidup masyarakat yang tidak sehat. Seperti halnya kebiasaaan merokok yang merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sesuai dengan pola hidup sehat.


Merokok tidak hanya dapat berperan dalam penyumbatan pembuluh darah ke jantung namun juga dapat meningkatkan resiko timbulnya penyempitan dan tersumbatnya pembuluh darah pada tungkai bawah. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh hal tersebut adalah penyakit Buerger (Buerger Disease) yang juga dikenal sebagai tromboangitis obliterans, seperti dijelaskan dr Arif Rakhman Hakim, Sp.BTKV, spesialis bedah di Rumah Sakit PHC di Surabaya.


Menurut dokter spesialis bedah RS PHC Surabaya, dr Arif Rakhman Hakim, Sp.BTKV Penyakit Buerger merupakan penyakit yang disebabkan penyumbatan pada arteri dan vena yang berukuran kecil sampai sedang, akibat peradangan yang dipicu oleh merokok. Gejala umum yang biasa dirasakan oleh penderita adalah sering merasa kram otot pada telapak kaki dan tangan, peradangan vena (terutama vena permukaan) dan arteri dari kaki atau tungkai, rasa kedinginan, mati rasa pada tungkai atau telapak tangan, dan pada penyumbatan yang lebih berat, rasa nyeri berangsur lebih lama.


"Jika dari hasil pemeriksaan laboratorium, USG seseorang menunjukkan penurunan yang hebat dari tekanan darah dan aliran darah di kaki, jari kaki, tangan dan jari tangan, maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan Angiografi, " jelas dr Arif Rakhman Hakim, Sp.BTKV yang berpraktek di RS PHC Surabaya setiap hari Senin dan Rabu pukul 19.30 – 20.30 WIB.


Apabila dari hasil pemeriksaan Angiografi menggambarkan adanya arteri yang tersumbat atau kelainan sirkulasi lainya, terutama di tangan dan kaki, maka perlu dilakukan pelebaran aliran pembuluh darah, sehingga aliran darah yang mengalir pada tungkai kaki / tangan dapat berjalan lancar. "Jika tidak ingin memperparah penyakit yang dideritanya, penderita diharuskan menghentikan kebiasaan merokoknya,” saran dr Arif Rakhman Hakim, Sp.BTKV.



Pembedahan Simpatektomi di RS PHC Surabaya untuk Menangani Tangan Berkeringat Berlebihan Pada Anak

Tangan berkeringat berlebihan pada anak atau orang dewasa bisa tergolong masalah wajar dan tidak wajar. Bisa dikatakan wajar jika terjadi dalam kondisi tertentu, misalnya saja saat gugup dalam menghadapi sesuatu, namun bisa dikatakan tidak wajar jika tangan berkeringat pada anak terjadi secara terus menerus dan tanpa diketahui penyebabnya.

Banyak sekali orang mendengar mitos bahwa jika telapak tangan atau kaki sering berkeringat, maka orang tersebut mempunyai kemungkinan punya penyakit jantung atau lemah jantung. Faktanya, belum tentu.

Keringat pada telapak tangan yang banyak atau berlebihan, atau dalam bahasa medis disebut Hiperhidrosis Palmar sebenarnya bukanlah penyakit kelainan jantung. Meskipun sebenarnya berhubungan dengan saluran jantung, namun faktor genetika juga merupakan salah satu penyebab hiperhidrosis palmar.

Solusi dalam penanganan hiperhidrosis palmar atau yang biasa disebut tangan berkeringat bisa dilakukan dengan cara pembedahan simpatektomi (thoracoscopic sympathectomy). Penanganan atau pengobatan keringat pada telapak tangan atau kaki yang banyak atau berlebihan pada anak atau orang dewasa di rumah sakit PHC di Surabaya ini, dengan suatu operasi yang di lakukan di sekitar daerah ketiak, kemudian salah satu dari jaringan syaraf yang berhubungan dengan telapak tangan dijepit atau dipasang klep.


Konsultasi dan informasi

Customer Service Rumah Sakit PHC Surabaya
Jalan Prapat Kurung Selatan 1, Tanjung Perak Surabaya
Telepon 031-3294801 dan UGD 24 Jam telepon 031-3294118
Gratis penjemputan ambulan untuk pasien rawat inap di RS PHC Surabaya wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Bangkalan.

Info Facebook: Rumah Sakit PHC Surabaya atau follow Twitter : @rsphc_sby

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118