Artikel

Penanganan Wajah Perot atau Pencong

Share
  • Twitter
  • Facebook
Pengobatan Kedutan di Wajah atau Wajah Perot/Pencong

Kedutan di Wajah Dapat Menyebabkan Wajah Perot atau Pencong


Jangan meremehkan segala macam bentuk penyakit, bahkan penyakit sekecil apapun. Seperti adanya kedutan (hemifacial spasm) dan kejang di wajah. Kebanyakan masyarakat Indonesia masih meremehkan segala macam bentuk kedutan. Padahal jika kedutan ini dibiarkan akan merusak syaraf di otak dan bisa menyebabkan wajah menjadi perot alias pencong, sehingga dapat mengganggu penampilan (estetika) atau kurang percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Hemifacial Spasm, merupakan penyakit yang diakibatkan karena kelainan pembuluh darah di otak bertemu dengan syaraf yang berdenyut terus menerus, sehingga terjadi rangsangan syaraf yang mengakibatkan syaraf itu kejang. Syaraf yang kejang itu bisa menimbulkan kedutan dan kejang yang tampak di wajah, demikian menurut dokter spesialis Bedah Saraf dr Zaky Bajamal, SpBS di ruang dokter kamar operasi saat akan melakukan tindakan bedah di RS PHC Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.


dr. Zaky Bajamal, SpBS, dokter spesialis bedah syaraf di RS PHC Surabaya, yang berlokasi di daerah Perak Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, mengatakan langkah awal untuk menentukan ada atau tidaknya saraf yang menempel yaitu dengan adanya pemeriksaan MRI terlebih dahulu dan sekaligus untuk mendeteksi apakah ada kelainan di area saraf tersebut ujar dokter spesialis bedah saraf ketika ditemui di RS PHC Surabaya. Selain itu, penyakit yang dapat menimbulkan wajah menjadi pencong atau perot ini disebabkan oleh karena syaraf ketujuh di area otak menempel dengan pembuluh darah. Kejang yang dialami dimulai dari kejang bagian mata, pipi, hingga menjalar ke mulut pada satu sisi wajah.

Kedutan di Wajah atau Wajah Perot/Pencong Bisa Ditangani dengan Operasi Mikro


Kedutan (hemifacial spasm) dan kejang di wajah dapat mengganggu penampilan seseorang yang terserang penyakit ini. Tidak ada penyebab khusus dari penyakit ini, namun bisa terjadi karena kelainan pembuluh darah, trauma (kecelakaan) atau tumor yang menempel syaraf ke tujuh , hingga stress. Disamping itu, kedutan ini bisa terjadi sewaktu-waktu seiring mengikuti denyutan nadi. Pada kasus yg berat air mata bisa keluar ketika terjadi kejang di wajah. Tetapi jangan kuatir, sudah ada tehnik pengobatan atau penanganan kedutan di wajah yang mengakibatkan wajah pencong atau wajah perot di RS PHC Surabaya, Indonesia

Dokter Zaky Bajamal sebagai dokter spesialis bedah saraf ini, menjelaskan, jika penanganan untuk penyakit ini bisa diatasi dengan operasi mikro, hari ini operasi 2-3 hari sudah bisa pulang. "Operasi mikro ini dilakukan guna untuk memisahkan pembuluh darah dengan saraf yang menempel yang menyebabkan timbulnya denyut di area wajah. Sebelum kedutannya ini meluas keseluruh wajah (dapat mengakibatkan wajah pencong atau perot) dan terjadi sangat sering maka harus segera ditangani,” jelas dr. Zaky Spesialis Bedah Saraf RS PHC Surabaya.

Pengobatan Kedutan di Wajah Hanya Sayatan Kecil di Belakang Telinga


dr. Zaky juga mengatakan "tindakan operasi yang dilakukan untuk mengatasi gangguan di wajah ini hanya membutuhkan sayatan kecil dibelakang telinga sekitar 5 cm, dan membuka tulang sekitar 1 cm sampai 2 cm, lalu membuka selaput otak sekitar kurang dari 1,5 cm dengan menggunakan alat yakni mikroskop kecil yang membedah pembuluh darah dan memisahnya dengan syaraf yang menyatu tadi". Penderita yang mengalami hemifacial ini biasanya banyak terjadi pada usia 40 tahun keatas. Walaupun begitu, siapa saja, dimulai usia remaja keatas bisa terserang penyakit ini yang dikarenakan kerusakan syaraf sehingga terjadi kejang pada wajah.

RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan 1 Tanjung Perak, Surabaya, Indonesia
Info Telpon 0313294801

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118