Artikel

Penyakit Polio

Share
  • Twitter
  • Facebook

Penyakit Polio

Penyakit Polio

Wah, kebetulan saat ini lagi ada PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio 2016, dengan mengusung tagline Indonesia Bebas Polio. Seberapa pentingkah vaksin Polio itu? Pertama, mari kita bahas apa sih "Polio" itu sendiri. Setelah itu, kita akan coba bahas mengenai bagaimana cara penyebaran virus Polio, penanggulangannya, dan cara mendeteksi dini ciri-ciri penyakit tersebut.


Ada 3 hal penting terkait Penyakit Polio yg perlu anda ketahui.

  1. Apa sih Polio?
  2. Penyakit Poliomielitis atau polio ini sudah ada sejak jaman dahulu. Penyakit ini adalah infeksi dari virus bernama Poliovirus (PV) yang menular dan dapat berakibat fatal. Karena virus ini menyerang bagian saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan.Bahkan, seperti dikutip oleh wikipedia, Kaisar Romawi Claudius terserang polio ketika masih kanak-kanak dan menjadi pincang seumur hidupnya.

  3. Gejala Polio.
  4. Gejala dari penyakit ini adalah infeksi subklinis,tandanya adalah gejala berlangsung kurang dari 72 jam dengan ciri-ciri demam,tidak enak badan,sakit tenggorokan dan muntah. Gejala selanjutnya adalah infeksi non paralitik,gejalanya hamper sama namun bedanya adanya rasa sakit kepala,diare,kaku,dan merasa lelah serta nyeri pada otot dan sendi. Gejala selanjutnya adalah infeksi paralik,pada gejala ini demam muncul lebih lama yaitu 5-7 hari sebelum mengalami sakit kepala dan gejala lainnya. Selain itu jika penyakit sudah semakin parah maka akan dirasakan sakit diseluruh tubuh sehingga di sentuh biasa saja akan sakit.

  5. Pencegahan
  6. Vaksinasi pada saat balita sangat membantu dalam hal pencegahan penyakit polio. Mengapa? Karena penyakit ini jika dialami oleh orang dewasa akan menjadi lebih berbahaya. 
    Oleh karena itu, vaksin polio pada balita usia 0-59 bulan hukumnya wajib untuk mencegah terjadinya penyakit polio.

Sekian informasi dari kami tentang Penyakit Polio, Semoga bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan tentang RS PHC Surabaya, silahkan hubungi kami. Terima Kasih
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan 1 Tanjung Perak, Surabaya, Indonesia

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118