Artikel

NYERI HIDUNG? WASPADAI RHINOSINUSITIS?

Share
  • Twitter
  • Facebook

Mama…hidung Bilqiss akit sekali…,terkadang keluhan seperti itu tidak jarang terdengar ditelinga kita, sehingga sebagai orang tua kita harus waspada atas setiap keluhan yang diucapkan  si kecil. Keluhan nyeri pada hidung terkadang bisa juga sebagai pertanda adanya rhinosinusitis.

Rhinosinusitis merupakan radang atau pembengkakan pada mukosa (selaput lendir) hidung dan sinus paranasal, yaitu ruang anudara yang ada diantara tulang hidung , pipi dan tulang alis mata. Rongga tersebut berfungsi menghasilkan mukus, yaitu lendir yang kita kenal dengan kata ingus.

Rhinosinusitis sendiri dapat kita bedakan menjadi 2 yaitu rhinosinusitis akut dan rhinosinusitis kronis, biasanya pada rhinosinusitis akut, keluhan yang dirasakan selama ±12 minggu namun pada rhinosinusitis kronis bisa lebih dari 12minggu.

Penyebab Ada beberapa faktor penyebab terjadinya rhinosinusitis seperti, virus, bakteri, jamur, infeksi pada kerongkongan, infkesi pada amandel, jamur, polip.

Flu & alergi dapat juga menjadi salah satu penyebab Rhinosinusitis karenap ada saat flu lendir diproduksi secara berlebih atau menutupi ronggasinus

 

Gejala

Gejala yang sering ditimbulkan adalah pilek dengan ingus kental dan sebagian keluar melalui tenggorokan, nyeri di daerah dahi, pipi, hidung & diantara mata, bila akut diikuti demam, sakit kepala sertagangguan indra penciuman.

 

Pengobatan

Terdapat beberapa perbedaan pengobatan bagi penderita Rhinosinusitis,

·Rhinosinusitis akut di berikan pengobatan selama 10-14 hari.

·Rhinosinusitis kronis di berikan pengobatan untuk 3-4 minggu.

 

Jika pasien mengalami peradangan yang berulang, tindakan pembedahan merupakan salah satu solusi yang bisa lakukan. Tehnik pembedahan sinus dengan bantuan alat endoscopy yang biasa kita sebut dengan FESS (Funcional Endoscopy Sinus Surgery).

Kenapa menggunakan alat endoscopy?Hal ini karena lebih nyaman bagi penderita, pembedahan minimal tanpa luka operasi pada wajah, lebih fisiologis (fungsi–fungsi hidung dan sinus dapat dipertahankan, rawat inap singkat serta dengan alat endoscopy rongga sempit pada hidung dan sekitarnya yang sulit dilihat dengan mata secara langsung akan tampak dengan jelas, sehingga kelainan kecilpun dapat diketahui.

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118