Artikel

Sambut ramadhan sehat bersama RS PHC Surabaya

Share
  • Twitter
  • Facebook

Selain bertujuan untuk beribadah, ternyata juga mempunyai efek positif bagi tubuh, yaitu sebagai detoksifikasi yang proses perawatan serta menetralisir racun dalam tubuh. Namun, berpuasa dengan tidak memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat membuat tubuh anda akan menimbun banyak penyakit.Ketika berpuasa anda harus tetap memperhatikan jadwal makan makanlah tetap 3 kali dalam sehari, yaitu saat sahur, saat berbuka dan sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka yuk sambut ramadhan kali ini dengan sehat.)


TIPS Saat Berpuasa


Saat SAHUR anda dapat melakukan :

  1. jangan tidur terlalu malam karena akan membuat tubuh kita malas untuk bangun sahur
  2. Sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas yang berlebihan sebelum tidur, agar badan menjadi bugar saat bangun.
  3. Mulailah minum air putih secukupnya minimal 3 gelas saat sahur karena saat puasa tubuh kekurangan cairan.
  4. Masaklah makanan favorit anda untuk menambah semangat sahur, tapi tetap perhatikan gizi makanan yang beragam, bergizi seimbang, aman dan halal.
  5. Mengahiri sahur, yaitu berhenti makan 5 menit sebelum adzan shubuh.

Saat BERPUASA anda dapat melakukan :

  1. Jika anda berkerja, hindari menumpuk pekerjaan kare akan membuat anda stres.
  2. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan untuk menghemat energi.
  3. Hindari juga beraktivitas di tempat terbuka yang panas dan tarik untuk mencegah anda dehidrasi, pilihlah tempat yang teduh atau mengunakan payung jika anda harus beraktivitas di luar ruangan.
  4. Sempatkan untuk beristirahat disela - sela aktivitas kurang lebih 1 jam.
  5. Puasa sesuai dengan kemampuan sebaiknya berkonsultasi dahulu sebelum malakukan ibadah puasa khususnya bagi orang lanjut usia dan yang memiliki riwayat serta bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Saat BERBUKA anda dapat melakukan :

  1. Buka puasa lebih baik di dahului dengan makanan ringan agar lambung tidak bekerja terlalu berat setelah seharian lambung tidak berkerja.
  2. Memulailah dengan minum segelas air untuk membatalkan puasa, kemudian konsumsi makanan ringan, setelah itu anda bisa mengkonsumsi makanan berat untuk menjaga lambung tetap sehat.
  3. Olah raga ringan maksimal 30 menit menjelang berbuka.

Tips Bugar dengan Olahraga saat puasa



  1. Lakukan olahraga ringan kuranbg lebih selama 30 menit olahraga yang dianjurkan seperti Stretching (Peregangan), senam, jalan kaki, joging, bersepada, yoga.
  2. Lakukan olahraga semampunya sesuai dengan kondisi tubuh anda.
  3. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah sore hari sekitar 30 - 60 menit menjelang berbuka puasa.
  4. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah sore hari sekitar 30 - 60 menit menjelang berbuka puasa.

Yang Perlu di Perhatikan



  1. Jangan konsumsi makanan yang pedas berlebihan agar tidak mengangu pencernaan tubuh anda.
  2. Perbaiki pola makan sehat yaitu beragam (nasi, lauk pauk, sayur, buah) bergizi seimbang, aman, dan halal.Lakukan olahraga semampunya sesuai dengan kondisi tubuh anda.
  3. Behentikan makan sebelum kenyang untuk memberikan kesempatan bagi tubuh memproduksi antioksida yang berfungsi sebagai bahan untuk menetralisir racun dalam tubuh.Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah sore hari sekitar 30 - 60 menit menjelang berbuka puasa.
  4. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bebas dari bahan tambahan pangan seperti bahan kimia, pengawit, pewarna, perasa, pengental, pemanis, serta bahan makanan lain yang berbahaya bagi tubuh.Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah sore hari sekitar 30 - 60 menit menjelang berbuka puasa.
  5. Jangan mengkonsumsi makan yang mengadung gula berlebih.
  6. Bagi penderita Maag (ganguan lambung), sebaiknya jauhi makanan yang pedas, makanan yang mengandung gas seperti kubis dan minuman bersoda, serta perhatikan konsumsi makanan berserat, sebaiknya makanan yang direbus dahulu selain itu di sarankan untuk konsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering.
  7. Bagi ibu hamil sebaiknya di tambahankan konsumsi susu ketika berbuka dan sahur untuk menambah nutrisi bagi si janin

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118