Artikel

Seputar Demam Berdarah Dengue (DBD)

Share
  • Twitter
  • Facebook

Seputar Demam Berdarah Dengue

Wabah Demam Berdarah

Musim Hujan telah tiba, dan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang. Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), Indonesia merupakan negara dengan kasus DBD tertinggi no. 2 di dunia. Meskipun DBD dianggap penyakit mematikan yang mudah untuk disembuhkan, tindakan preventif adalah fokus utama demi "menghapus" DBD di Indonesia.Selama ini, fogging juga dikenal sebagai salah satu cara untuk mencegah DBD, tapi ternyata ada cara yang lebih baik dan tidak mencemarkan lingkungan, yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).


Apa Itu Pemberantasan Sarang Nyamuk?
Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) merupakan tindakan untuk memutus mata rantai perkembangan nyamuk.

Tindakan PSN terdiri atas beberapa kegiatan antara lain: 3 M
 

  1. Menguras
  2. Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung dan lain-lain seminggu sekali.

  3. Menutup
  4. Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong, drum, dan lain-lain.

  5. Mengubur
  6. Mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan.

Apa gejala/tanda terserang Demam Berdarah Dengue??
Macam - macam Gejala Demam Berdarah Dengue :

  1. Demam tinggi
  2. Gejala utama dari penyakit demam berdarah adalah demam tinggi. Penderita akan demam hingga mencapai 40°C dan demam ini terjadi selama 3 hari berturut-turut, bahkan lebih, dan mereka yang tidak tahu akan menganggap jika ini merupakan demam biasa yang terjadi karena perubahan musim atau gejala flu,namun biasanya pada hari keempat hingga hari kelima, demam sudah turun setelah pemberian obat penurun demam dan dihari keenam adalah masa penyembuhan. Namun, apabila demam tinggi kembali dan tidak juga berhenti setelah dikompres, maka segeralah periksakan diri ke rumah sakit.

  3. Nyeri pada perut
  4. Gejala penyakit demam berdarah yang bisa dialami oleh para pasien positif demam berdarah adalah rasa nyeri di perut. Nyeri pada perut ini terjadi sejak hari pertama dan tergantung dengan kondisi tubuh pasien dalam menyerap obat. Disaat rasa nyeri sudah benar-benar menyiksa, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebab rasa nyeri di perut tersebut.

  5. Lesu dan bintik merah
  6. Gejala penyakit demam berdarah yang bisa dialami oleh para pasien positif demam berdarah adalah rasa nyeri di perut. Nyeri pada perut ini terjadi sejak hari pertama dan tergantung dengan kondisi tubuh pasien dalam menyerap obat. Disaat rasa nyeri sudah benar-benar menyiksa, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebab rasa nyeri di perut tersebut.

  7. Mual dan muntah.
  8. Gejala utama DBD sebenarnya ada pada demam dan bintik merah, namun tidak jarang pasien DBD juga mengalami mual dan muntah .
     
Sekian informasi dari kami tentang Demam Berdarah Dengue, Semoga bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan tentang RS PHC Surabaya, silahkan hubungi kami. Terima Kasih
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan 1 Tanjung Perak, Surabaya, Indonesia

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118