Artikel

Kedutan di Wajah Bukan Hal Remeh

Share
  • Twitter
  • Facebook
Penanganan Kedutan Di Wajah yng berakibat Wajah Perot oleh Dokter Spesialis Bedah Saraf RS PHC Surabaya

Kedutan Di Wajah Berakibat Wajah Perot - Tim Bedah Saraf Surabaya


Prof.DR.dr Abdul Hafid spesialis bedah saraf di RS PHC Surabaya mengatakan bahwa ternyata kedutan di wajah, atau masyarakat sering mengatakan wajah perot tiba-tiba ( hemifacial spasm ) bukanlah hal yang remeh, karena hal tersebut bisa jadi penyakit di saraf otak.

Jangan abaikan kedutan dan kejang di bagian wajah ( Hemifacial Spasm ).


Bisa jadi, itu pertanda penyakit berbahaya. Yakni, hemifacial spasm, sebuah penyakit yang menyerang saraf otak yang menyebabkan kedutan dan kejang di wajah atau wajah perot, demikin menurut dr Zaky Bajamal SpBS yang merupakan salah satu tim spesialis bedah syaraf Surabaya, RS PHC, bersama dengan Prof.DR.dr. Abdul Hafid Bajamal, SpBS., dr. Faris, SpBS., dan dr Achmad Fahmi, SpBS yang tergabung dalam SNEI Surabaya (Surabaya Neuroscience Institute)

Gejala Hemifacial Spasm yang Menyebabkan Kedutan Di Wajah .


Dokter spesialis bedah saraf Surabaya dr Zaky Bajamal SpBS, spesialis bedah saraf dari Neuroscience Center Brain Spine and Spasticity Rumah Sakit PHC Surabaya menyatakan, penyakit Hemifacial Spasm menyerang saraf sehingga menyebabkan wajah perot atau kedutan di wajah. Masalahnya, saraf itu sangat dekat dengan batang otak. "Yang kena itu saraf ketujuh, pengaruhnya besar ke gerak wajah," ujarnya.

Menurut dr M Faris Spesialis Bedah Saraf, yang juga merupakan dokter spesialis tulang belakang di Surabaya Jawa Timur, Indonesia, gejala Hemifacial Spasm salah satunya adalah otot pada salah satu bagian wajah tidak sengaja kejang, biasanya diawali dengan kelopak mata, kemudian menyebar menuju pipi dan mulut. Kejang kemungkinan sementara pada awalnya tetapi bisa jadi hampir berlanjut. Gangguan tersebut pada hakekatnya tidak menyakitkan tetapi bisa memalukan

Operasi Hemifacial Spasm untuk Menangani Kedutan Di Wajah .


Menurut tim spesialis bedah saraf Surabaya, RS PHC Surabaya yang berlokasi di Surabaya Utara, kasus seperti itu semakin banyak terjadi. Dengan demikian, deteksi dini perlu dilakukan. Sebab, jika sudah parah dan kedutan semakin meluas di wajah, tindakan yang harus dilakukan adalah operasi hemifacial-spasm ( operasi penanganan kedutan di wajah ). Tindakan operasi dengan tujuan penyembuhan kedutan di wajah oleh tim bedah saraf tersebut dilaksanakan dengan menyayat belakang telinga. Yakni, dengan sayatan kecil 1-2 cm, demikian menurut dr Zaky Bajamal SpBS. (spesialis bedah saraf Surabaya)

dr Zaky Bajamal spesialis bedah saraf Surabaya (SNEI Surabaya) menambahkan, sebelum operasi hemifacial spasm untuk penanganan kedutan di wajah oleh tim bedah saraf RS PHC Surabaya, pasien akan menjalani Magnetic Resonance Imaging (MRI). Kemudian, saat operasi alat yang digunakan adalah microskop canggih yang dimiliki kamar operasi RS PHC Surabaya. Alat itu dapat mengidentifikasi saraf dan pembuluh darah yang perlu dibedah lalu ditutup kembali.
Tindakan operasi hemifacial spasm oleh tim bedah saraf tersebut dilakukan untuk memisahkan pembuluh darah dengan saraf yang tertekan. Pasca operasi hemifacial spasm, pasien bisa langsung merasakan perbedaannya, sehingga penanganan / pengobatan kedutan di wajah dapat optimal. 

Dokter Spesialis Bedah Saraf RS PHC Surabaya


Tim Spesialis Bedah Saraf RS PHC Surabaya, yang juga tergabung dalam Surabaya Neuroscience Institute (SNEI Surabaya), praktek tiap hari mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu, yang terdiri dari :
  1. Prof. DR. dr. Abdul Hafid, SpBS
  2. dr. Muhamad Faris, SpBS
  3. dr. Achmad Fahmi, SpBS
  4. dr. Zaky Bajamal, SpBS



[bedahsarafsurabaya

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118