Artikel

VIRUS ZIKA

Share
  • Twitter
  • Facebook

Virus Zika

Virus Zika

Apa itu?? Virus zika saat ini lagi nge trend banget di Sosmed dan di Media massa. Virus #zika adalah virus yang bersumber dari gigitan nyamuk aedes aegypti dan diperkirakan telah menyebabkan cacat lahir yg serius pada ribuan bayi di Brazil. Gejala awal #zika sama halnya dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) seperti demam, sakit pada sendi, dan mata merah. Virus ini telah menjadi pembicaraan yang hangat di Brazil sejak pertengahan tahun lalu. Penyebaran virus #zika pun bertepatan dengan kenaikan tajam jumlah bayi yang menderita #microcephaly, dimana suatu kondisi otak janin yang tidak tumbuh dengan ukuran penuh sehingga kepala bayi lahir berukuran kecil. Namun, sejauh ini pihak berwenang sedang menyelidiki kondisi bayi-bayi tersebut, serta akibat atau dampak kematian yang diduga terkait dengan microcephaly dan hubungan dengan virus Zika.


Ada 3 hal penting terkait virus #zika yg perlu anda ketahui.

  1. Hubungan antara virus Zika dan microcephaly dicurigai saling terkait, tetapi hingga kini belum dikonfirmasi.
  2. Resiko dari penderita microcephaly ini sangat mengkhawatirkan, dimana penderita seumur hidup akan mengalami keterbelakanagan mental, keterlambatan perkembangan, dan kejang. Walaupun masih ada kesempatan untuk tumbuh normal seperti anak-anak lainnya. Namun penting untuk di catat, bahwa banyak faktor penyebab anak lahir dengan microcephaly, seperti gangguan genetik tertentu, paparan bahan kimia, dan bahkan kelahiran traumatis. Para ahli kesehatan di Brazil mengatakan bahwa ada hubungan antara #zika dan microcephaly, namun para ahli dari WHO (World Health Organization) dan lainnya belum mengonfirmasi keterkaitan tersebut.

  3. Zika adalah virus yang disebarkan oleh nyamuk.
  4. Nyamuk Aedes aegypti adalah pembawa virus #zika paling umum selain nyamuk Aedes Albopictus. Nyamuk ini berasal dari Afrika dan Asia. Kedua spesies nyamuk ini biasanya menggigit pada siang hari sehingga pemasangan kelambu ketika tidur malam tidak berpengaruh banyak untuk mencegah virus ini. Di Amerika, penggunaan AC dan jaring pada jendela telah berhasil mencegah virus #zika ini.

  5. Pencegahan adalah yang terpenting.
  6. Belum adanya vaksin untuk virus #zika ini membuat kita harus lebih waspada dengan lingkungan sekitar, karena pencegahan adalah hal yg terpenting sebelum kita terinfeksi virus ini. Gunakan krim anti nyamuk, baju dan celana panjang, serta tidur menggunakan kelambu meski nyamuk penyebar virus #zika ini berkeliaran di siang hari. Seperti yg kami bahas di artikel sebelumnya, Seputar Demam Berdarah Dengue (DBD), untuk pencegahan dan pembasmian nyamuk harus dilakukan mulai hal kecil seperti menghindari adanya genangan air, dan mengubur barang-barang bekas. "Jika kita bisa mengendalikan vektor, kecil kemungkinan bahwa kita akan terkena infeksi,” kata Dr Andi Shane, Pediatric Infectious Diseases Expert di Emory University.

Sekian informasi dari kami tentang Virus Zika, Semoga bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan tentang RS PHC Surabaya, silahkan hubungi kami. Terima Kasih
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan 1 Tanjung Perak, Surabaya, Indonesia

Fasilitas Rawat Inap RS PHC Surabaya

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
Ruang Tamu Berlian,Berlian Buffed,Fasilitas Kamar Berlian
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118