Milestone

Rumah Sakit PHC Surabaya dari Masa ke Masa

Rumah Sakit PHC Surabaya (RS. PHC) berdiri pada 1965 dengan layanan yang tersedia adalah klinik umum, klinik ibu dan anak, serta klinik gigi dan radiologi. Pada 1966, diresmikan menjadi institusi pelayanan kesehatan untuk pegawai Badan Pengusahaan Pelabuhan dan keluarganya. Mulai saat itulah institusi tersebut dikenal dengan nama Port Health Centre (PHC). Seiring dengan perkembangan kemampuan pelayanan, pada 1970, RS. PHC juga melayani masyarakat umum.


Kemudian pada tahun 1985, Departemen Kesehatan merekomendasikan RS. PHC sebagai rumah sakit yang setara dengan rumah sakit umum tipe C.

Setelah berlangsung selama tujuh tahun, sejak 1 Januari 1992 pengelolaan orientasi bisnis PHC berubah, dari pusat biaya (cost center) menjadi pusat laba (profit center) dan kewenangannya pun menjadi lebih besar untuk mengelola kegiatannya sendiri.

Per 1 September 1999, RS. PHC resmi mengalami pemisahan pengelolaan perusahaan, menjadi anak perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan selanjutnya tanggal tersebut menjadi hari jadi rumah sakit hingga sekarang. Tujuan pemisahan pengelolaan tersebut adalah untuk meningkatkan kemandirian perusahaan yang diharapkan berujung pada peningkatan mutu pelayanan.Semenjak pemisahan pengelolaan tersebut, RS. PHC semakin berbenah. Banyak hal dilakukan dan diraih.

Tahun 1999, RS. PHC berhasil mendapatkan akreditasi penuh tingkat dasar untuk rumah sakit tipe C dari Departemen Kesehatan RI.

Tahun 2002 , mengoperasionalkan gedung klinik spesialis terpadu dan kamar operasi. Pada tahun yang sama pelayanan pemecah batu ginjal dengan alat ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsi), sehingga pasien tidak perlu operasi. Selain itu, RS. PHC juga melengkapi diri dengan CT Scan (computed tomography scanner) untuk pencitraan (imaging) organ dalam pasien.

Tahun 2003, melengkapi fasilitas kamar operasi yang mengarah pada kemampuan pembedahan minimal sayatan (minimal invasive) melalui pengoperasian alat pencitraan secara real time pada saat dilakukan operasi C-Arm dan alat laparoscope-endoscope. Pada tahun ini pula dioperasikan ruangan ICU dan pelayanan cuci darah (hemodialisa) yang memadai untuk memenuhi tuntutan pelanggan.

Tahun 2004, untuk pertama kalinya berhasil melakukan operasi sinus tanpa operasi dengan menggunakan endoskopi atau disebut functional endoscopy sinus surgery (FESS).

Tahun 2005, untuk mendukung posisi RS PHC sebagai trauma centre di wilayah pasarnya, dilakukan peningkatan kelengkapan fasilitas pelayanan gawat darurat pada. Hal ini terbukti dengan kesiapan IGD RS. PHC pada saat menangani musibah masal, baik kecelakaan kapal maupun kebakaran.

Tahun 2006, beberapa operasi baru dapat dilaksanakan, diantaranya operasi tumor otak, operasi pada tulang belakang, dan operasi memperbaiki posisi kaki bengkok karena cacat bawaan lahir (CTEV - congenital talipes equino varus).

Tahun 2007, kemampuan operasi semakin berkembang dengan kemampuannya melakukan bedah skoliosis (perbaikan pada tulang belakang yg bengkok), penggantian tulang kaki, replantasi dengan bedah mikro, pengangkatan rahim melalui vagina (transvaginal hysterctomy), serta operasi rekonstruksi payudara trans recto abdominal atau TRAM.

Tahun 2008, untuk mendukung permintaan rawat inap pasien, dilakukan peningkatan kapasitas rawat inap dengan mulai dioperasikannya Grha PHC sehingga secara keseluruhan RS PHC berkapasitas 200 TT. Selain itu, pada tahun ini pula diluncurkan dua produk baru, yaitu pelayanan untuk mendeteksi penyebab gangguan tidur karena mendengkur dengan menggunakan alat polisomnografi. Untuk mendukung pelayanan ini, RS. PHC melengkapi dengan sleep lab, dimana kamar tidur pasien didesain menyerupai kamar tidur rumah. RS PHC Surabaya juga melakukan operasi katarak dengan phacoemulsifikasi, dimana pembedahan dapat dilakukan hanya dengan irisan kurang lebih 2 mm. Operasi lain yang bisa dilakukan adalah rekonstruksi total pada lutut (total knee reconstruction), operasi untuk saraf tulang belakang yang terjepit (herniasi nucleus purpous atau HNP) dan operasi penggantian kepala tulang paha (austin more protesa atau AMP). Pada tahun ini pula, dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pelayanan, didapatkan Akreditasi Penuh 16 pelayanan untuk kali pertama.

Tahun 2009, pelayanan untuk kamar operasi semakin meningkat, meliputi reduksi adenoid, rekonstruksi tumor mata, pemasangan alat pacu jantung permanen, tranplantasi (cangkok) kornea mata, serta penanganan wasir atau hemoroid dengan alat circular stapler (minimal pembedahan).

Tahun 2010, pelayanan lain yang dikembangkan adalah Pelayanan Gizi. RS PHC mendapatkan izin penyehatan makanan jasa boga golongan B dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya dan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Pada tahun ini pula mulai dikembangkan pelayanan Diet Gizi, sehingga menjadikan pelayanan yang seimbang dengan asupan gizi yang seimbang. Pelayanan Diet Gizi juga melayani masyarakat umum dengan delivery untuk beberapa area.

Tahun 2011 Kemampuan operasi kembali meningkat dengan keberhasilan operasi SILS (single incisi laparoscope surgery). SILS adalah teknik operasi menggunakan satu sayatan di bawah pusar, misalnya untuk appendectomi (operasi usus buntu) dan cholesistectomi (pengambilan batu empedu). Dalam pelayanan kesehatan bayi dan anak, RS PHC banyak melakukan perawatan pada pasien bayi yang lahir dengan berat badan yang sangat kurang. Dari segi manajemen, RS PHC Surabaya berhasil meraih penghargaan sebagai champion dalam ajang Surabaya Service Excellent Award (SSEA) yang diselenggarakan Mark Plus Inc pada kategori rumah sakit dengan 200 TT.

Keberhasilan tersebut tentunya juga karena dukungan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itulah, RS PHC berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan melaksanakan bakti sosial secara rutin, bantuan bencana alam dan operasi bakti sosial untuk penderita CTEV (kaki bengkok), Hipospadia (lubang air kencing yang tidak normal) dan Bibir Sumbing. Untuk pelayanan operasi Bibir Sumbing, penderita anak  anak yang tidak mampu dapat melakukan operasi secara gratis di RS PHC. Kesemuanya ini diharapkan dapat mendukung kepercayaan diri anak anak tersebut di masa depan.

Tahun 2012 Rumah Sakit PHC Surabaya mendapatkan standarisasi dari badan-badan resmi baik nasional maupun internasional dengan tujuan untuk memberikan bukti kepada masyarakat bahwa Rumah Sakit PHC Surabaya memiliki komitmen yang terbaik dalam pelayanannya.

a.Rumah Sakit PHC Surabaya untuk ketiga1 kalinya meraih penghargaan dalam ajang Surabaya Service Excellent Award (SSEA) sebagai BEST CHAMPION untuk kategori rumah sakit dengan TT diatas 200 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

b.Sertifikasi HACCP kembali dilaksanakan sebagai supaya untuk meningkatkan standarisasi keamanan pangan khususnya makan pasien rawat inap. sertifikasi ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu untuk pelayanan Laboratorium Rumah Sakit PHC Surabaya dapat diperoleh.

Tahun 2013, Rumah Sakit PHC Surabaya kembali berupaya meningkatkan kemampuan operasi Kateterisasi Jantung mulai dari mendeteksi lokasi terjadinya sumbatan pembuluh darah koroner jantung hingga tindakan membuka sumbatan pembuluh darah koroner dengan menempatkan ring/stent (PCI-Percutaneous Coronary Intervention)

Dari segi manajemen,Sertifikasi ISO 9001:2008 Manajemen Mutu untuk Pelayanan Rawat Inap dapat diperoleh melengkapi Sertifikasi HACCP Pelayanan Gizi Pasien dan ISO 9001:2008 Pelayanan Laboratorium.

Untuk keempat kalinya penghargaan dalam ajang Surabaya Service Excellent Award (SSEA) untuk kategori rumah sakit dengan TT diatas 200 dari Mark Plus Inc dapat dipertahankan.

Tahun 2014 Kemampuan operasi terus meningkat dengan keberhasilan Microdecompression tindakan pembedahan mikro untuk mengatasi nyeri punggung (Kecetit). Di tahun ini pula Rumah Sakit PHC memberikan kemudahan dengan diluncurkan Microneurotomy terhadap pasien pasca Stroke, Cedera Otak, Cedera Sumsum Tulang Belakang dengan satu kali tindakan tanpa perlu rawat inap.

Dari segi manajemen, Rumah Sakit PHC Surabaya telah menjalin kerjasama dengan BPJS pada awal penghujung tahun 2012

Untuk kelima kalinya penghargaan dalam ajang Surabaya Service Excellent Award (SSEA) untuk kategori rumah sakit type B dari Mark Plus Inc dapat dipertahankan.

Sebagai upaya peningkatan kualitas & kapasitas pelayanan terutama pada layanan Rawat Jalan, Kamar Operasi & ICU, maka pembangunan Gedung PHC Medical Centre (PMC) telah diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2014.

 

Tahun 2015 Demi meningkatkan kualitas & kapasitas pelayanan pasien khususnya di Kamar Operasi dan ICU, tanggal 31 januari 2015 telah diresmikan 6 Kamar Operasi yang modern dan canggih dilengkapi dengan teknologi pendant system dan pneumatic tube system  serta live surgery untuk video conference, ruang ICU yang lebih luas, canggih dan modern dengan kapasitas 12 tempat tidur ICU (Intensive Care Unit), 2 tempat tidur PICU (Pediatric Intensive care Unit), dan 2 tempat tidur NICU (Neonatus Care Unit)

 



 

Banner 270 x 120 pxlBanner Space 370 x 120 pxl
RS PHC Surabaya
Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1 Tanjung Perak - Surabaya
 | Phone : +62 31-329 4801 - 3 | Fax. : +62 31-329 4804
IGD 24 Jam : +62 31-329 4118