Artikel

Mitigasi Risiko PHC Jika Terjadi Black Out PLN

  • 07 August 2019 10:37
  • Kategori Event
  • Visits: 625
Share
  • Twitter
  • Facebook

Surabaya - RS PHC Surabaya memastikan seluruh layanan akan tetap berjalan optimal jika terjadi listrik padam total atau blackout. Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra (PHC), dr Agus Akhmadi, menyampaikan bahwa manajemen telah melakukan mitigasi risiko dengan mensiagakan Uninterruptible Power Supply (UPS) di masing-masing layanan dan supporting back up Genset berkapasitas 1.610 kVA.

"Kami telah mengimplementasikan mitigasi risiko terkait sistem utilitas, agar berfungsi efektif, efisien dan selalu siap beroperasi ketika dibutuhkan, ujar dr Agus Akhmadi, di Head Office PT PHC Surabaya, Senin (5/8).

Untuk memastikan kesiapsiagaan dan performa sistem utilitas, RS PHC Surabaya memiliki program preventif action dengan melakukan maintenance dan uji beban rutin UPS dan Genset setiap 1 (satu) bulan sekali. "Saat terjadi kerusakan pada kabel induk PLN beberapa waktu yang lalu, Genset RS PHC Surabaya mampu memback up selama 2 x 24 jam non stop tanpa kendala apapun," ungkapnya. 

"Nah, ketika listrik PLN padam, yang bekerja pertama adalah UPS. Kedua adalah Genset. Kalau listrik padam, UPS langsung aktif, ketika masa transisi dari listrik PLN ke Genset, pasokan listrik tetap aman. Peralatan medis dan lain-lain tidak akan mati," imbuhnya. Kemudian, dalam waktu maksimal 15 detik, Genset otomatis akan menyala dan mengcover seluruh area yang listriknya padam. 

Disisi lain, dokter Agus juga menyampaikan, bahwa mitigasi risiko tak hanya berkaitan dengan listrik, tetapi juga sistem IT hingga ketersediaan air bersih. Ketika aliran listrik dari PLN padam dan atau pasokan air dari PDAM mengalami gangguan di RS PHC Surabaya, sistem utilitas yang ada siap melakukan back up selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

"Jadi, layanan-layanan vital yang ada di RS PHC Surabaya seperti Kamar Operasi, ICU, Radiologi, Laboratorium, Hemodialisa, hingga Server IT akan tetap berfungsi optimal jika terjadi blackout ataupun ketika pasokan air PDAM terganggu, tutupnya (irv) 


RS PHC Surabaya

Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1
Tanjung Perak - Surabaya
P. +62 31-329 4801 - 3 | F. +62 31-329 4804
IGD 24 Jam. 031 - 3294118