Artikel

Pentingnya Vaksinasi Influenza Untuk Cegah Flu

Share
  • Twitter
  • Facebook

Vaksin influenza merupakan vaksin yang mampu memberikan perlindungan dari penyakit flu. Sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksinasi influenza sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali, karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah cukup besar bagi sebagian orang.

Vaksin influenza menjadi penting untuk diberikan karena penularan influenza atau flu sangat mudah untuk menyebar. Virus ini menyebar melalui percikan air liur atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus. Jika penyakit ini menyerang saluran pernapasan, gejala yang timbul bisa berupa batuk kering, demam, sakit kepala, pilek, nyeri otot, dan lemas.


Pentingnya Vaksinasi Influenza

Meski biasanya hanya menimbulkan gejala ringan, flu juga bisa menyebabkan komplikasi serius. Menurut WHO, angka kejadian influenza yang berkomplikasi mencapai 5 juta kasus per tahun, dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 650.000 kasus di seluruh dunia.

Komplikasi akibat penyakit flu lebih berisiko terjadi pada anak usia 3-5 tahun, remaja, dewasa muda, lansia, pekerja medis, dan penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, penyakit jantung atau paru kronis, dan asma.

Adapun komplikasi yang mungkin terjadi antara lain adalah pneumonia, gangguan sistem saraf pusat, dan gangguan jantung seperti miokarditis dan serangan jantung. Selain itu, flu juga bisa memperparah kondisi penyakit kronis, seperti asma, diabetes, dan gagal jantung kongestif.

Karena mungkin untuk menyebabkan komplikasi serius, alangkah baiknya untuk melakukan langkah pencegahan terhadap penyakit ini.

Perlindungan Ekstra

Langkah yang tepat untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit flu salah satunya adalah pemberian vaksin influenza. Dengan pemberian vaksin ini, risiko untuk terkena flu akan berkurang atau gejala penyakit flu yang Anda alami akan cenderung lebih ringan dibandingkan jika tidak mendapatkan vaksin.

Vaksin influenza bekerja dengan cara membangun antibodi dalam tubuh seseorang untuk melawan virus influenza.

Dokter Medical Check Up RS PHC Surabaya, dr Vien Anggarani Prasetyana menjelaskan,”Vaksinasi Influenza direkomendasikan untuk anak usia 3 tahun, remaja, dewasa hingga lansia. Mulai dari masyarakat biasa, pekerja kantoran hingga tenaga medis” ujarnya.

Cara Mendapatkan Vaksinasi Influenza
Di RS PHC Surabaya, layanan vaksinasi influenza dapat dilakukan di Medical Check Up (MCU). Alur pelayanan sebagai berikut :
1. Pendaftaran dan pembayaran di Front Office MCU
2. Vaksinasi oleh tenaga medis yang berkompeten
3. Pemberian Kartu Bukti Vaksin (Vaccine Report)
4. Selesai

Jam Operasional Layanan :
• Senin - Jumat | 07.00 - 19.00 WIB
• Sabtu | 07.00 - 14.00 WIB

Informasi & Pendaftaran

• Customer Care MCU : 0811.3118.1170

RS PHC Surabaya

Jl. Prapat Kurung Selatan No. 1
Tanjung Perak - Surabaya
P. +62 31-329 4801 - 3 | F. +62 31-329 4804
IGD 24 Jam. 031 - 3294118