Medical Check Up Pelaut



Medical Check Up Pelaut RS PHC Surabaya

Ditunjuk resmi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, saat ini Medical Check Up (MCU) RS PHC Surabaya dapat melayani pengujian dan penilaian tingkat kesehatan pelaut serta dapat mengeluarkan Sertifikat Kesehatan Pelaut "Berlambang Garuda”

Medical Check Up Pelaut sendiri bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon/pelaut. Apabila kondisi kesehatan dalam keadaan baik dan optimal, diharapkan produktivitas pekerjaan meningkat.

Alur Medical Check Up Pelaut BKKP / Bersertifikat Garuda
1. Pendaftaran dan Pembayaran di Front Office Medical Check Up
2. Rapid Test* (jika hasil Rapid Test IgG/IgM Non Reaktif, dapat melanjutkan MCU)
3. Medical Check Up
4. Selesai

Standar Waktu Pelayanan Proses dan Hasil Medical Check Up
• Hasil Rapid Test : 10-15 menit
• Resume Hasil Medical Check Up oleh Dokter (Sehat/Tidak Sehat) : 1x24 jam
 Entry Data BKKP untuk Pengeluaran Sertifikat : 2x24 jam (sejak dinyatakan "Sehat")

Biaya Medical Check Up Pelaut
• MCU Pelaut Pria (Non Foodhandler) | Rp 700.000,-
• MCU Pelaut Pria (Foodhandler) | Rp 865.000,-
• MCU Pelaut Perempuan (Non Foodhandler) | Rp 745.000,-
• MCU Pelaut Perempuan (Foodhandler) | Rp 910.000,-
• Rapid Test Khusus MCU Pelaut | Rp 150.000,- (Rapid Test & Surat Keterangan Hasil)

Sebelum pemeriksaan Medical Check Up, Pelaut/Calon diharuskan
• Cukup istirahat
• Puasa 6-8 jam mulai dari jam 22.00 malam (diperbolehkan minum air putih selama puasa)
• Selama puasa tidak diperbolehkan merokok
• Jika mengkonsumsi obat-obat tertentu atas anjuran dokter, agar melaporkan ke petugas Laboratorium saat pengambilan sampel darah dan urine.

Jam Pelayanan Medical Check Up Pelaut
• Senin - Jumat | 07.00 - 19.00 WIB
• Sabtu | 07.00 - 14.00 WIB
• Semua pelaksanaan Medical Check Up dilakukan di Layanan Medical Check Up (satu area tanpa banyak berpindah tempat)

Persyaratan Administrasi Pelaut/Calon Pelaut
• Fotokopi Identitas diri yang masih berlaku, contoh Passport/KTP/SIM
• Fotokopi Sertifikat Basic Safety Training (BST)
• Pas foto berwarna sesuai jurusan (Jurusan Nautika / Deck berwarna BiruJurusan Teknika / Engineer berwarna Merah) ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

Informasi/WhatsApp MCU
WhatsApp : 0811.3118.1170

Keterangan
• Semua hasil pemeriksaan dimasukkan dalam aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Pelaut Indonesia (SISKESPI) dan direkam ke dalam database Pelaut berdasarkan nomor sertifikat BST
• Hasil pemeriksaan dapat dilihat melalui website Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) dengan alamat http:\bkkp.dephub.go.id
• Setelah data pemeriksaan kesehatan disetujui/Approved oleh BKKP, maka sertifikat kesehatan yang juga lebih dikenal dengan "Sertifikat Berlogo Garuda" dapat diterbitkan dan dinyatan FIT TO WORK ON BOARD